Translate

Diabetes biang Penyakit Komplikasi

Diabetes terjadi akibat rusaknya sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula dalam darah. Gejalanya diperlihatkan dengan kadar gula darah tinggi dan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin.

Yang berbahaya sebenarnya bukan tingginya kadar glukosa darah, melainkan efek komplikasi yang terjadi. Jika sudah sampai pada komplikasi, artinya dalam tubuh anda terjadi gangguan pembuluh darah kecil (makrovaskular ). Berikut beberapa komplikasi yang biasa timbul akibat diabetes.
1. Gangguan penglihatan 
Pandangan mata kabur, mata sembab, dan kebutaan. Ini adalah komplikasi yang menyerang retina mata ( retinopati ), yang umumnya akibat gangguan pada mikrovaskular.

2. Gangguan fungsi ginjal 
Dalam isttilah kedokteran, penyakit ini biasa disebut dengan nefropati diabetik. Komplikasi ini terjadi karena tingginya glukosa dalam darah yang menyebabkan turunnya fungsi ginjal dalam tubuh. Jika fungsi ginjal sudah tidak bekerja dengan baik, maka beberapa bagian tubuh akan mengalami pembengkakan. Kalau sudah terlampau parah, harus cuci darah secara rutin.

3. Disfungsi ereksi 
Disfungsi Ereksi ( DE ) yang terjadi akibat gangguan mikrovaskular ini menyerang syaraf sel organ intim. Namun, dapat pula akibat gangguan mikrovaskular yang berpotensi menyebabkan impotensi. Sudah banyak yang menderita DE baik dalam skala ringan atau berat.

4. Jantung koroner dan Stroke 
Komplikasi ini membayangi jika tidak benar-benar menjaga stabilitas kadar glukosa darah. Kedua komplikasi ini dipicu faktor mikrovaskular dan makrovaskular. Selain gula darah, perlu pengawasan kadar kolestrol dan tekanan darah. Waspada jika muncul gejala jantung tak sehat, seperti nyeri dada, sesak, atau detak jantung melaju sangat cepat.

5. Fungsi syaraf 
Kerusakan pada syaraf ( neuropati ) akan memicu hilangnya beberapa fungsi syaraf, seperti sering kesemutan di daerah sekitar kaki dan tangan, nyeri di tangan dan kaki, atau kulit sensitif. Hilangnya kerja fungsi syaraf ini dapat dicegah dengan mengontrol kadar gula darah.

6. Hipoglikemia 
Ini adalah kondisi kadar gula darah dalam tubuh sangat rendah. Hipoglikemia ini juga bisa terjadi karena porsi makan yang terlalu sedikit dan olahraga yang terlalu berat. Bila penurunan gula darah terjadi sangat cepat, artinya harus segera ditangani. Jika tidak lekas ditangani, dapat menyebabkan hilangnya kesadaran yang berujung pada kematian.
Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Serius ga Sih?. Diberdayakan oleh Blogger.